Rabu, 21 Agustus 2019

Soil Tester dan Digital pH Meter

 pH (Power of Hydrogen) yaitu tingkat kebasa-an atau keasaman suatu media yang diukur menggunakan skala pH antara 0 sampai 14. Sifat asam mempunyai pH antara 0 sampai 7 dan sifat basa mempunyai nilai pH 7 sampai 14. Pengukuran pH biasanya pada media tanah dan air, adapun macam - macam jenis alat yang digunakan untuk mengukur pH Tanah  seperti Soil Tester, Soil Test Kits dan lain - lain sedangkan macam - macam jenis alat yang di gunakan unutk mengukur pH air seperti Digital pH meter, Kertas lakmus, dan lainnya.

pH Meter Lab. MSP

Soil Tester Lab . MSP
Cara menggunakan Soil Tester yaitu masukan ujung logam soil tester ke dalam tanah, lalu lihat atau amati jarum pengukurannya, maka hasil atau nilai pH Tanah dan Kelembabannya langsung terlihat saat itu juga, untuk mendapatkan hasil yang akurat diperlukan pengukuran sebanyak tiga kali ulangan.

Cara menggunakan Digital pH meter, pasangkan terlebih dahulu Probe. kemudian hidupkan pH meter dengan menekan tombol on, kemudian celupkan probe kedalam air, amati dan lihat angka pada layar pH meter, angka yang konstan merupakan nilai dari pH air yang diamati.